MARLINS TEST

Marlin Test merupakan salah satu bentuk uji tes kemampuan bekal dasar bahasa inggris seseorang khususnya pelaut dimana bekal dasar kemampuan itu sendiri menjadi suatu tuntutan yang harus dimiliki seorang pelaut khususnya yang bekerja diatas kapal asing.
Marlins Test ini juga merupakan suatu bentuk kemajuan teknologi di bidang kemaritiman yang telah banyak digunakan sebagai media test uji kemampuan dasar bekal bahasa inggris seseorang dan juga sebagai media test kemampuan menggunakan sarana media seperti komputer. Marlin test dapat dilakukan lewat online (berbayar) ataupun Offline (Installed).Media test itu sendiri sudah banyak dijadikan sebagai kemudahan bagi perusahaan pelayaran, Crewing Agency ataupun Crewing management untuk mengetahaui seberapa besar kemampuan seorang pelaut yang dipekerjakan ataupun yang akan dipekerjakan di atas kapal yang mereka naungi sebagai test pre-employment.
Dibalik kemudahan tadi, Test ini sendiri sudah merupakan suatu tuntutan standarisasi perusahaan pelayaran khususnya pelayaran asing yang mempekerjakan pelaut dengan standar minimal memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik.
Dengan maraknya perusahaan yang menggunakan Marlin Test ini sebagai media uji kemampuan berbahasa inggris, Pelaut-pelaut dituntut untuk dapat melewati uji test ini sebagai pre-employment pada saat mereka ingin mendapatkan pekerjaan dan juga bagi mereka yang sudah dipekerjakan pun terkadang dituntut perusahaan untuk mengikuti uji test ini untuk memastikan bahwa pelaut-pelaut mereka sudah memilik standart minimal berbahasa inggris yang baik.
Dalam dunia nyata, Banyak pelaut-pelaut berpengalaman yang juga sudah memiliki bekal dasar kemampuan berbahasa, akan tetapi sangat disayangkan disaat mereka dituntut perusahaan mereka untuk memenuhi standarisasi perusahaan tentang sertifikasi test berbahasa inggris lewat media uji Marlin Test ini, pelaut-pelaut tersebut tidak mampu melewati dikarenakan beberapa aspek diantaranya seperti mereka tahu berbahasa inggris dalam hal Pengucapan (spelling) ataupun pendengaran (listening), akan tetapi mereka lemah dalam hal penulisan / pembacaan ( Writing / Reading ). Banyak juga diantara pelaut-pelaut tersebut tidak mampu melewati test tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer sebagai media test Marlins ini. Terlebih parah lagi banyak pelaut-pelaut yang memang sangat lemah dalam segala aspek yang diutarakan tadi hingga akhirnya mereka harus kehilangan pekerjaan.

Marlin test ini memang dirancang sedemikain rupa untuk dijadikan sebagai media test kemampuan dalam banyak aspek seperti Listening, Spelling, Reading, Writing lewat beberapa soal pertanyaan yang terangkum dalam uji test ini. Hal ini memang mempermudah perusahaan dalam mengetahui bekal dasar pelaut yang dipekerjakannya ataupun yang akan dipekerjakannya. Akan tetapi Test ini mungkin menjadi suatu kesulitan bahkan hambatan dalam mendapatkan pekerjaan bagi pelaut-pelaut.

Kalau hal ini sudah menjadi peraturan yang menuntut pelaut untuk dinyatakan Certified dalam berbahasa inggris, Maka pelautpun harus mampu mengahadapi test ini.

Media uji test seperti Marlins Test ini terdiri dari beberapa soal yang merangkup beberapa uji materi seperti :

  1. Pendengaran ( Listening )
  2. Penempatan kata ( Fill the Gap )
  3. Perbedaan Kata ( Different Sound )
  4. Perbendaharaan kata ( Odd Word)
  5. Waktu danAngka (Time and Number )
Marlins test ini dituntut untuk dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 30 menit dengan soal sekitar 50 pertanyaan.

Bekal kemampuan berbahasa inggris dapat diukur dari nilai hasil test Marlins ini. Minimum nilai yang harus diraih pelaut pun beragam tergantung berapa besar nilai minimum standart perusahaan.

Dibalik perkembangan teknologi dunia kepelautan seperti Marlin Test ini, Tim aktif Seafarer Info Tech berusaha berperan aktif dalam membantu pelaut untuk mengenal lebih dalam tentang test ini.
Berjalannya waktu, Tim berhasil mendapatkan modul uji test ini berbentuk software yang dapat dilakukan secara Offline (installed) lewat komputer pc/laptop pribadi.
Hasil Tim dalam mendapatkan software ini dari sumber lain, akhirnya dapat didistribusikan kepada mereka pelaut-pelaut yang ingin tahu dan ingin membekali dirinya dalam mengetahui bentuk test tersebut, dengan kata lain pelaut bisa mendapatkan kisi-kisi tentang soal Marlin Test ini.
Seafarer Info Tech tidak bermaksud untuk memberikan bocoran jawaban atas test ini, akan tetapi Tim Seafarer Info Tech bermaksud supaya pelaut setelah mendapatkan software ini dan mengistallnya pada komputer pribadi mereka, akhirnya mereka dapat mencoba menghadapi test ini di rumah layaknya mereka mengikuti test pre employment pada perusahaan yang mereka lamar sehingga mereka dapat dengan jelas mengetahui tentang uji test ini.
Dengan cara pelaut melakukan test ini di rumah mereka sendiri, mungkin mereka dapat meluangkan waktu mereka dalam mencari dan memahami akan soal-soal yang dipertanyakan pada Marlins Tes ini. Hingga akhirnya mereka telah familiarisasi dengan test tersebut. dan mereka dapat dengan mudah melewati uji Marlins Test.
Seafarer Info Tech tidak pernah akan memberikan jawaban dari pada soal-soal pertanyaan Marlin Test offline yang dengan secara acak diatur oleh system komputer.
Tim Seafarer Info Tech mendistribusikan software ini dengan maksud memberikan edukasi untuk dapat dilakukan secara pribadi kepada pelaut.

Bagi mereka yang merasa perlu akan modul ini dapat dengan mudah dimiliki dengan menghubungi Tim kami.

Segala usaha dan upaya Seafarer Info Tech hanyalah semata-mata untuk mengembangkan bekal kemampuan pelaut-pelaut Indonesia agar dapat berperan aktif dalam persaingan bursa pelaut international.
Smoga semua ini sangat bermanfaat bagi pelaut.....


Contoh soal Marlin tes terlihat seperti di gambar berikut











Hubungi Kami untuk info lebih lanjut mendapatkan modul TEST CES 4.1




No comments: